Kamis, 05 Desember 2019

Philodendron ‘Lynette’ / LINET




Philodendron ‘Lynette’ merupakan salah satu kultivar Philodendron campii yang banyak disukai para pecinta tanaman hias. Philodendron jenis Lynette ini merupakan Philodendron yang memiliki tajuk yang tinggi. Philodedron campii merupakan tumbuhan epifit atau teresterial yang memiliki daun-daun memanjang dengan pertulangan daun yang rapat.
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Subfamili: Aroideae
Tribe: Philodendreae
Genus: Philodendron Schott 1832
Spesies: Philodendron campii ‘Lynette’
Philodendron campii memiliki daun-daunnya menyebar tegak dengan panjang tangkai daun 5,5-7,5 cm dan diameternya 9-10 mm. Tangkainya menggembung dan agak menyerupai spons yang tumpul berwarna hijau dan sedikit mengilap. Pelepah daun ukurannya 1/3 dan 1/2 panjang daunnya. Helai daunnya berukuran panjang 30-50 cm.
Tanaman ini memiliki internodus dengan panjang sekitar 2-3 cm dengan diameter tangkai daun 1-1,4 cm. Warna daun hijau pucat. Tanaman ini tidak bergetah. Tinggi tanaman sekitar 2,1 cm dengan lebar habitus tanaman sekitar 3,7 cm. Perbungaannya 2 hingga 5 tiap tanaman, panjang tangkai bunga 6-11,6 cm dan sedikit pipih dengan ukuran 3 x 5 mm.
Akar Philodendron campii ‘Lynette’ akan muncul di tiap nodus, akarnya melengkung turun berwarna coklat dengan panjang sekitar 4 cm dengan diameter 1 cm hingga 1,5 cm. Tanaman ini memiliki cataphylla yang tajam berjumlah 2 dengan panjang sekitar 20-25 cm, warna hijau medium, dengan tepi hyaline dan ujungnya inequilateral, berwarna kecoklatan saat kering dan jika mati akan menjadi serabut halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar